Langsung ke konten utama

Sarjana Pertanian jadi Anak IT, Gelarnya Ga Kepake?

Bismillah, Assalamualaikum semuanyaa!

Oke, kali ini gua pengen bikin tulisan yang sedikit ga formal yaa. Disclaimer dulu, kalo tulisan ini dibuat bukan untuk sombong. Lagian, apa sih yang mau disombongin dari gua? Wkwkwk. Lebih tepatnya, tulisan ini buat meyakinkan kita semua, khususnya buat diri sendiri, terhadap dilema berkarir tapi ga sesuai jurusan. Atau, bingung di persimpangan antara menjadi spesialis, atau generalis. Well, semoga tulisan pengantar tidur ini bisa jadi sedikit motivasi buat temen-temen yang mengakhiri hari Senin ini dengan rasa capek.

Long short story, setelah gua wisuda di Februari 2020, pandemi menyapa. Siapa si yang ga kena dampak coba? PHK di mana-mana, nyari kerja susah, yang kuliah jadi terhambat, macem-macem deh pokoknya. Termasuk gua, di mana setelah wisuda, gua pun sempet bingung, mau ngapain abis ini?

Tiba-tiba aja, gua dapet inspirasi buat belajar UI design gara-gara ngeliat foto-foto mock up di IG. Lalu, ketemu lah gua sama website Build With Angga, yutub Web Programming UNPAS, IG Mas Kukuh Aldy, dll. Layaknya orang yang nyari jati diri, gua yang awalnya belajar UI design malah lari ke HTML dan CSS. Targetnya: yang penting bisa buat landing page! Wkwkwkwkwkw.

Dan hasilnya? ketebak dong. Gua belajar ga sampe tuntas. Sampe akhirnya, di tengah desperate gua dalam nyari kerjaan, abis lebaran gua dapet info soal peluang kerja di perusahaan yang sesuai jurusan gua, masuk bidang pertanian. Ya sudah, gua nekat DM IG buat nanya ada loker apa enggak. Segitunya, hehehehe.

Gayung bersambut, mereka tertarik buat hire gua sebagai Product Analyst Intern. Dalam hati, "wih seru nih bakal analisis produk sesuai keinginan pasar, marketing dll".

Taunya gua salah total! Gua justru punya role sebagai Software Tester, di mana kerjaan gua ya "cuma" ngetes aplikasi, sama nyari bug. Dah gitu doang. Awalnya gua mikir sih begitu. Tapi pada akhirnya, gua coba cari tau deh lebih jauh soal software testing.

Sampe akhirnya gua nemu istilah Quality Assurance. Di sini gua ga bakal jelasin tentang itu. Tapi, semakin gua pelajarin, semakin gua ngerasa ga yakin sama diri gua sendiri. Kek, "beneran nih gua belajar ginian?" "ga sayang sama ilmu yang udah gua dapet selama kuliah?"

Then, magang gua kelar. Dan berbekal pengalaman yang menurut gua masih ga seberapa itu, gua coba semua peluang kerjaan yang terkait QA. Dari mulai Jobstreet, Glints, Kalibrr, Linkedin, kadang juga nyari di Twitter coba wkwkwkw.

Finally, kerjaan yang gua dapet sekarang ini didapet dari fitur "Lamar Mudah" di Linkedin. Even gua ga bikin surat lamaran, wkwkwkw. Dan kebetulan bidang usahanya masih sesuai dengan idealisme kehalalan versi gua. Lalu, deal deh!

Hari ini adalah hari pertama gua kerja. Dan keraguan gua selama gua internship akhirnya kejawab. Ternyata, memang ga sesimpel itu.

Pelajarin sesuatu yang beda dari background kita bukan sebuah kesalahan. Dan berkarir di luar jurusan itu memang udah lumrah, kok. Selagi ada peluang di depan, ya sikat ae lah jon!

Terus, seiring berjalan waktu, karir kita bakal berkembang. Bakal terus belajar hal baru, trus jadi bisa apa aja. Apakah dengan demikian lantas membuat jadi generalis itu salah? Ya nggak juga. Kalo kita punya banyak skill dan bisa dipake, ya why nut? Kecuali, belajar ilmu baru cuma buat iseng, cuma buat ajang pembuktian, ya mending jadi spesialis aja dari awal.

"Kalo udah gitu, gelar kita ga kepake dong?" Ujar sumbu pendek di luar sana wkwkwkwkw.

Well, dengan kita menempuh pendidikan formal itu bukan berarti bertujuan buat nerapin ilmu yang udah kita dapetin. Yakin deh, baru juga wisuda pasti udah lupa banyak materi kuliah kan? NGAKU AE LAH UDAH! Wkwkwkwkwk

Karena menurut gua, menempuh pendidikan itu sebenernya ajang untuk kita buat ngebentuk pola pikir, buat bangun relasi, sampe akhirnya kita punya reputasi yang dihasilkan dari self branding kita. Orang-orang akan mengenal kita sebagai "siapa", bukan sebagai "lulusan apa gelarnya apa".

So, buat temen-temen yang masih dilema gimana? Ga salah kok, justru itu jadi bukti kalo otak kita masih sehat. Kita masih bisa cemas memikirkan masa depan. Secara otomatis bakal mancing kita buat mikir how to solve it. Ketimbang cuek aja dan let it flow, itu malah bahaya menurut gua.

Jadi, sekian dulu corat-coret dadakan gua malam ini. Gua mohon maaf kalo ada kata-kata yang kurang berkenan. Gua pun juga masih dalam tahap belajar, kok. Ini aja hari pertama gua belajar QA lagi dari nol wkwkwkwk. Intinya mah, belajar terus sampe napas terakhir kita!

Oh iya, ada pesan sponsor nih. Buat temen-temen yang dari bidang non IT dan pengen terjun ke dunia IT, tapi udah insecure duluan gara-gara gabisa ngoding, temen-temen bisa baca salah satu artikel gua di bawah ini.


Ingin Menjadi Software Tester Tanpa Background IT? Kuasai 3 Skill Ini!


Have a good night and see you on the next content!

Wassalamualaikum Warohmatulloohi Wabarokaatuh.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

It's All About Validation!

Bismillah, Assalamualaikum semuanyaa! Balik lagi bersama gua yang sudah sejak lama nggak nulis nih di blog sederhana ini. Karena akhir-akhir ini lebih banyak bikin microblog di Linkedin, hehe. Di kesempatan ini, izinkan gua untuk membawakan bahasan yang sedikit berat, hehe. Tulisan kali ini edisi refleksi diri sebagai seorang manusia. Seorang manusia yang tentu jauh dari kata sempurna. Makhluk yang paling seneng kalo dikasih rasa bangga, padahal apa yang diperbuat belum seberapa. Yup, kita sebagai seorang manusia tentu nggak hidup di dunia cuma buat sekadar bernyawa, lalu kemudian mati. Manusia hidup dengan melalui berbagai tahapan dan pencapaian. Di setiap tahapan, kita pasti bakal dihadapkan pada berbagai pilihan. Namun, ga semua manusia dianugerahi kemampuan buat nentuin pilihannya sendiri. Kadang, udah berhasil jalanin pilihan hidupnya sendiri aja masih suka ga yakin, terus minta pendapat sana-sini. "Kira-kira udah pas belum yaa?", "Orang lain pada seneng ga yaa?&qu

Jadi Software QA Analyst Starter Pack Cheeeeeck!

Assalamualaikum warohmatulloohi wabarokaatuh. Selamat menjalani hari sesuai zona waktu di manapun manteman berada! Udah lama banget cuy gua ga nulis di sini. Terakhir tuh bulan maret kalo ga salah. Kali ini, gua pengen coba berbagi starter pack buat manteman yang kepengen jadi QA Analyst . Gausah panjang kali lebar kali tinggi, nanti jadi volume. Jiaaahahaha! Langsung aja disimak. 1. Be a fast learner! Pengen jadi QA, tapi bukan anak IT.. Gausah takut, selagi manteman punya jiwa seorang fast learner, ga akan susah kok ke depannya. Ini ga cuma berlaku buat kerjaan sebagai QA Analyst loh yaa. Apapun itu, walapun posisinya sama, tiap kantor pasti punya cara kerja yang beda-beda. Kali ini, gua pengen kupas dari sudut pandang sebagai seorang QA Analyst. Pertama, yang kudu kita pelajarin itu adalah urutan dari Software Development Life Cycle (SDLC)  yang diterapin di kantor. Atau, kalo temen-temen baru mau terjun, pelajarin aja dulu pakem secara umumnya. In general, SDLC itu urut