Langsung ke konten utama

Jadi Software QA Analyst Starter Pack Cheeeeeck!

Assalamualaikum warohmatulloohi wabarokaatuh.

Selamat menjalani hari sesuai zona waktu di manapun manteman berada! Udah lama banget cuy gua ga nulis di sini. Terakhir tuh bulan maret kalo ga salah. Kali ini, gua pengen coba berbagi starter pack buat manteman yang kepengen jadi QA Analyst. Gausah panjang kali lebar kali tinggi, nanti jadi volume. Jiaaahahaha! Langsung aja disimak.


1. Be a fast learner!

Pengen jadi QA, tapi bukan anak IT..

Gausah takut, selagi manteman punya jiwa seorang fast learner, ga akan susah kok ke depannya. Ini ga cuma berlaku buat kerjaan sebagai QA Analyst loh yaa. Apapun itu, walapun posisinya sama, tiap kantor pasti punya cara kerja yang beda-beda. Kali ini, gua pengen kupas dari sudut pandang sebagai seorang QA Analyst.

Pertama, yang kudu kita pelajarin itu adalah urutan dari Software Development Life Cycle (SDLC) yang diterapin di kantor. Atau, kalo temen-temen baru mau terjun, pelajarin aja dulu pakem secara umumnya. In general, SDLC itu urutannya adalah Planning > Analysis > Design > Development > Testing > Deployment > Monitoring & Maintenance. Nah, SDLC ini dibagi lagi, ada yang tipenya Waterfall, ada juga yang udah menerapkan model Agile. Tinggal disesuaikan aja sama kebutuhan.

Kedua, kita perlu pahamin cara kerja dari seorang QA itu sendiri. Secara garis besar, kerja sebagai QA Analyst itu ga lepas dari kegiatan create test case, testing, sama bug reporting. Tapi tentu aja setiap kantor punya prosedur tersendiri buat mengatur alur kerja seorang QA. Kayak misalnya tools apa aja yang dipake buat me-manage semua pekerjaan, termasuk do's & don'ts nya.

Ketiga, yang wajib kita pelajarin tentunya ya knowledge dari produk yang kita test. Kan ga mungkin kita mau ngetes aplikasi e-commerce, tapi kita ga paham gimana cara kerja si aplikasi tersebut. Nah, kalo udah paham cara kerjanya, sampe sini aja belum cukup. Kita juga kudu paham, business goals yang diharapkan dari produk tersebut.

Keempat, kalo ini sifatnya sih sunnah, tapi bisa jadi wajib tergantung sikon. Yak, kita belajar juga seputar technical. Misalnya, kalo kita bakal banyak ngetes website, coba kita kulik sedikit seputar HTML, CSS, sama Javascript. Ditambah sedikit unsur Backend lebih nikmat, seperti contohnya PHP, MySQL, apa itu API, endpoint, dll. Kalo Belom bisa menguasai. It's okey, minimal kita tau nih implementasi dari setiap teknologi tersebut.

Kelima, jangan lupa pelajarin seputar UX! Istilah ini belakangan emang identik sama profesi seorang UI/UX designer. Tapi, seorang QA Analyst juga perlu tau soal ini. Minimal, biar tau behaviour dari penggunaan berbagai kategori produk. Seperti contohnya, aplikasi pemesanan tiket tentu beda kebiasaan penggunaannya dibandingkan aplikasi portal berita. Selain itu, pentingnya belajar UX itu biar kita gampang inget sama requirement sama ekspektasi dari sebuah case di produk yang lagi kita tes. Biar ga dimarahin atasan mulu karena gampang lupa, wkwkwk.


2. Let's communicate fluently!

Yoi, skill jago silat lidah ga cuma berlaku buat seorang pekerja garda depan atau bagian manajerial ajaa. Emangnya seberapa sering sih seorang QA Analyst ngeluarin jurus ini? Hmm jadi gini..

Yang pertama, tentu aja buat nanya. Ga mungkin kan ada jobdesc yang masih kurang jelas, product requirement yang belom kita kuasain, terus kita diem aja? Bertanya secara jelas dan detail perlu banget. Dan tentunya, gimana caranya orang lain bisa paham sama pertanyaan yang kita kasih. Yang penting jangan kebanyakan nanya yang ga perlu. Kalo masih bisa dicari di Google, yaa diusahain dulu, kecuali kalo udah menyangkut urusan internal kantor.

Trus, yang kedua adalah ketika kita mau menjelaskan sesuatu. Misalnya, ada bug yang njelimet dan developer perlu tau kronologinya, kudu kita jelasin tuh alurnya dari A-Z, step by step gimana kita dapetin bug itu. Kesalahan yang paling sering dilakukan seorang QA Analyst itu adalah ngasih tau bug tanpa ngasih tau flownya. Gua pun masih suka melakukan kesalahan ini kok. It's okey, sebuah pembelajaran emang berangkat dari sebuah kesalahan.

Komunikasi ini bukan cuma soal ngomong, tapi juga ada hubungannya sama manajemen emosi. Ketika seorang QA menemukan kondisi kritis, misalnya ketika menemukan bug yang krusial, pasti bawaannya udah emosi duluan. Tapi ga gitu cara mainnya. Kita tetep harus sampein hal ini ke developer dengan kepala dingin dan ga boleh ada unsur menyalahkan, walaupun ternyata beneran kesalahan dari developernya. So, always blame yourself first before other's fault

Selain itu, komunikasi juga ada hubungannya sama mental. Ngelatih kita buat berani bicara sama atasan, presentasi di depan klien, atau kalo kita lagi kejebak di moment of truth, pas kita lagi dituntut buat mengakui kesalahan. Sampe kita tiba di momen ultimatenya, yaitu..

Leadership. Yak, bicara komunikasi, ga bisa lepas dari leadership. Leadership bukan berarti kita kudu jadi ketua ato pemimpin yaa. Nge-manage proses bug fixing, bikin testing report, sampe terlibat dalam diskusi dan ngasih masukan, bikin orang lain mau nyimak omongan kita, ga gampang motong pembicaraan orang lain, itu juga bisa mengasah skill leadership kita. Dan ini ga gampang, harus diasah terus. Karena kita ga selamanya nyimak terus, ye kaan?


3. Being creative is not always painted! Sometimes it could be equal to being a destroyer.

Eits, jadi seorang QA Analyst juga harus kreatif loh! Tapi kreatif di sini bukan jago nggambar, bikin barang DIY ato kerajinan tangan yaaa! Wkwkwkw. Kreatif yang dimaksud adalah bagaimana kita bisa ngetes produk tersebut dari berbagai sisi dan skenario. Harapannya, semoga bisa ketemu celah dan bisa dijadiin masukan buat improvement ke depannya.

Misalnya, kita lagi ngetes fitur login. Nah, di luar step normalnya, kita juga perlu mikirin kondisi what if nya. Gimana kalo misalnya kita ga isi password? Gimana kalo passwordnya kita salahin? Gimana kalo di kolom email kita isi nomer HP? Atau bahkan cuma kita isi pake spasi doang? Dan segala hal-hal di luar dugaan yang ga kepikiran sama developer.

Contoh lain, ketika kita lagi ngetes aplikasi Android. Kalo selama ini kita ngetes di hape dengan layar 6 inch dan merasa fine-fine aja, coba gantian tes di hape layar imut berukuran 5 inch! Kalo misalnya ketemu error semisal ada wording yang kepotong, selamat! Anda sudah menemukan bug, wkwkw. Karena kita tau, kalo sebuah aplikasi idealnya harus bisa menyesuaikan dengan berbagai ukuran screen hape.

For reminder, especially for myself, kalo misalnya lagi ngetes website, coba dibiasakan buat ngetes ga cuma di satu browser aja. Kalo udah bosen di Chrome, bisa gantian di Firefox, Edge, atau Opera. Ini juga bagian dalam rangka berpikir kreatif sebagai QA Analyst. Mana tau nemu sesuatu yang ga disangka-sangka.

Ohya, btw liat kata destroyer di atas? Yup, ada maknanya loh di sini.

Jadi, dengan kita berpikir kreatif dalam menjadi seorang QA, diharapkan kita bisa semakin "merusak" sistem yang ada. Semakin susah sebuah produk dirusakin, berarti produk itu makin berkualitas. Makin banyak kerusakan yang ditemuin selama proses development, makin banyak hal buruk yang bisa dicegah sebelum produk tersebut live ke publik.


4. Be a critical person!

Menjadi seorang QA Analyst itu ga berhenti sampe sekedar testing aja, guys! Kita juga dituntut aktif dan terlibat dalam proses SDLC. Apalagi dalam tahapan planning, kita ga mungkin cuma iya-iya aja dan bilang "noted". Iya kalo beneran dicatet kan, wkwkwkw.

Kalo selama proses SDLC kita nemuin sesuatu yang nggak wajar, atau ga sesuai, ga ada salahnya kita suarakan. "Kenapa kok button ini ga ada yaa?", "Kenapa pas nge-save kok ga ada confirmation pop up yaa?", "Ini ga ada error message nya yaa?". Hal-hal kek gini tuh tanyain aja gaess! Manusia kan ga ada yang sempurna, bisa jadi salah satu dari tim kita ada yang kelupaan. Kalaupun pada akhirnya argumen kita ga valid karena memang ga bisa di-implement di produk tersebut, yaa gapapaa. Setidaknya rasa ingin tahu kita udah dilatih. Bonusnya kalo ternyata pernyataan kita bisa jadi masukan buat proses development ke depannya. Pasti seneng kaan? Tapi jangan lupa yaa, ga boleh jumawa!

Ohya, kalo lagi nemuin bug dan lanjut ke proses fixing, sebisa mungkin kita proaktif, ga ngebiarin developer benerin bug begitu aja. Kasarnya, ga asal nyuruh fafifu wasweswos gituu. Tapi kita coba bantu cari solusinya, kalo misalnya si developer udah nge-stuck. Bisa jadi kita yang di awal kurang jelas pas mendeskripsikan proses terjadinya bug, atau ternyata bug yang ditemuin sifatnya intermitten.

Balik lagi, karena tugas seorang QA Analyst itu ya buat menjaga kualitas produk, bukan menghilangkan bug 100%.


5. Never give up! Don't let it stuck on your hope!

Bagi manteman yang udah mulai terjun ke dunia QA dan ngerasa capek gegara test case kebanyakan? Ato mungkin bete gegara yang dites itu-itu aja? Nah, di sini pentingnya etos kerja. Seorang QA Analyst itu dituntut buat ngeyel, ga bosenan, apalagi baperan! Wkwkwkw. But it's true.

Biasanya, seorang QA ini udah nyerah duluan ketika bug yang ditemuin udah kebanyakan, ditambah bug fixing yang ga kelar-kelar, sedangkan ada test case lain, atau bahkan produk lain yang perlu di inspect. Saat-saat kek gini, emang paling bener buat kita ngatur ritme dalam kerja. Coba istirahat sejenak kalo emang udah berasa kayak mau nyerah. Abis itu baru lanjut lagi kerjaan yang masih belum dieksekusi. Kalo udah begini, lama-lama ga berasa kerjaan bakal kelar dengan sendirinya, trust me!

The moment of truth comes when you face intermitten bug. Yak, as i mentioned before, bug intermitten itu adalah salah satu bug yg paling sulit dibenerin sama developer. Apa sih intermitten itu? Jadi, bug intermitten adalah bug yang ga selalu terjadi. Kadang muncul, kadang ya normal aja gitu. Di sini, seorang QA Analyst kadang dibikin geregetan gegara pas coba diulang stepnya, eh bugnya ga ketemu. Alhasil, udah keburu malu duluan dicengin sama developer. Wkwkwkwk. Nah, skill pantang menyerah itu dibutuhin di sini! Pantang pulang sebelum padam kalo kada pemadam kebakaran maah.

Ohya, satu lagi. Kadang seorang QA Analyst udah nyerah duluan kalo diminta ngetes sebuah fitur yang njelimet. Gua pribadi pernah mengalami hal ini. Misalnya, kita diminta ngetes API sama developer, karena asumsi mereka kita sebagai seorang QA ya pasti bisa doong. Buat manteman anak QA yang bukan dari background IT, jangan bilang ga bisa dulu yaa! Sebisa mungkin, kita jujur kalo memang kita belum bisa, tapi abis itu minta ajarin! Team mate kita pasti bakal respect sama keinginan kita buat belajar lebih jauh. Tenang ae, pasti diajarin kok. Apalagi kita yang statusnya masih fresh graduate memang belum dituntut buat "sudah menguasai segalanya."


6. Always tryna copy your project manager!

Skill manajerial ga melulu harus seorang Project Manager (PM) yang nguasain. Kita-kita yang ada di posisi associate juga wajib bisa me-manage segala sesuatunya. Nah, dalam dunia QA, bug juga ada klasifikasinya berdasarkan priority dan severitynya.

Bug priority dibagi berdasarkan skala prioritas waktu perbaikan, sementara bug severity dibagi berdasarkan tingkat dampak kerusakan yang dihasilkan si bug tersebut. Secara umum, bisa dibagi dari mulai Low, Medium, High, atau bahkan beberapa perusahaan memakai tingkat Critical buat bug yang memang fatal. Terus, apa sih tujuan adanya klasifikasi buat bug?

Soon, temen-temen bakal ngerasain yang namanya kerjaan mepet deadline. Dari jaman kuliah malah udah sering ngerasain ye kaan, wkwkwkw. Kadang, situasi kayak gini bikin kita mikir keras, gimana caranya sebuah produk tetap terlihat perfect walaupun ga semua bug tuntas diperbaiki. Nah, tugas seorang QA menjaga kualitas produk dimulai di sini! Bagaimana caranya kita bisa mengatur prioritas mana bug yang dibenerin duluan, dengan catatan waktu developmentnya emang udah mepet. Dengan catatan ketika produk sudah live, dilakukan pengetesan ulang atau regresi buat menyortir bug yang severity dan priority nya low buat diperbaiki secara berkala.


So, gimana, ada yang kurang? Boleh loh ditambahin di kolom komen! Yang jelas, ini adalah starter pack versi gua kalo mau memulai karir di bidang Software QA. Semoga artikel singkat ini bisa bikin temen-temen ga ragu buat terjun kerja di dunia IT, even buat yang ga ada background dari bidang IT. Gua pun bukan lulusan IT. So, let it flow aja guuys!

Thank you buat yang udah nyimak, boleh kok di share kalo sekiranya bermanfaat. See you on the next article!

Wassalamualaikum warohmatulloohi wabarokaatuh.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

It's All About Validation!

Bismillah, Assalamualaikum semuanyaa! Balik lagi bersama gua yang sudah sejak lama nggak nulis nih di blog sederhana ini. Karena akhir-akhir ini lebih banyak bikin microblog di Linkedin, hehe. Di kesempatan ini, izinkan gua untuk membawakan bahasan yang sedikit berat, hehe. Tulisan kali ini edisi refleksi diri sebagai seorang manusia. Seorang manusia yang tentu jauh dari kata sempurna. Makhluk yang paling seneng kalo dikasih rasa bangga, padahal apa yang diperbuat belum seberapa. Yup, kita sebagai seorang manusia tentu nggak hidup di dunia cuma buat sekadar bernyawa, lalu kemudian mati. Manusia hidup dengan melalui berbagai tahapan dan pencapaian. Di setiap tahapan, kita pasti bakal dihadapkan pada berbagai pilihan. Namun, ga semua manusia dianugerahi kemampuan buat nentuin pilihannya sendiri. Kadang, udah berhasil jalanin pilihan hidupnya sendiri aja masih suka ga yakin, terus minta pendapat sana-sini. "Kira-kira udah pas belum yaa?", "Orang lain pada seneng ga yaa?...

Sarjana Pertanian jadi Anak IT, Gelarnya Ga Kepake?

Bismillah, Assalamualaikum semuanyaa! Oke, kali ini gua pengen bikin tulisan yang sedikit ga formal yaa. Disclaimer  dulu, kalo tulisan ini dibuat bukan untuk sombong. Lagian, apa sih yang mau disombongin dari gua? Wkwkwk. Lebih tepatnya, tulisan ini buat meyakinkan kita semua, khususnya buat diri sendiri, terhadap dilema berkarir tapi ga sesuai jurusan. Atau, bingung di persimpangan antara menjadi spesialis, atau generalis. Well , semoga tulisan pengantar tidur ini bisa jadi sedikit motivasi buat temen-temen yang mengakhiri hari Senin ini dengan rasa capek. Long short story , setelah gua wisuda di Februari 2020, pandemi menyapa. Siapa si yang ga kena dampak coba? PHK di mana-mana, nyari kerja susah, yang kuliah jadi terhambat, macem-macem deh pokoknya. Termasuk gua, di mana setelah wisuda, gua pun sempet bingung, mau ngapain abis ini? Tiba-tiba aja, gua dapet inspirasi buat belajar UI design gara-gara ngeliat foto-foto mock up  di IG. Lalu, ketemu lah gua sama website Build ...