Langsung ke konten utama

#KamusIT Frontend vs Backend, Antara Depan dan Belakang?



Bismillah, assalamualaikum semuanya!

Akhirnya setelah melawan rasa mager, gua bisa ngelanjutin lagi nih serial #KamusIT. Setelah di edisi pertama kita bahas mengenai apa itu bug, sekarang kita bahas yang sedikit lebih dalem. Tapi tetep, dengan bahasan ringan ala gua pastinya!

Kalo udah baca judul, pasti tau dong topik obrolan kita kali ini. Tapi sebelum lanjut, gua pengen tanya dulu nih. Apakah temen-temen di sini udah pernah denger ato lihat kata frontend dan backend sebelumnya? Yaa minimal lihat dari website job portal gitu wkwkwkw.

Atau, kalo kalian punya temen anak IT, trus sesekali mendengar obrolan seperti ini..


"Ini posisi tombolnya ga bener dah, kudu dibenerin dari depan nih."

"404 mulu izz, bilang anak belakang gih suruh cek dulu."


So, udah kebayang apa itu frontend dan backend? Ooh oke, front itu depan, back itu belakang. Simpel kan?


Ya ga gitu juga, malih!


Well, ga salah sih, cuma ya ga sesimpel itu juga sebenernya wkwkwkwk. Buat temen-temen yang pengen ato sedang berkarir di bidang IT, khususnya menangani seputar masalah website dan koleganya, wajib nyimak nih!

Oke, kita mulai dulu dari frontend. Jadi, frontend itu sebenernya apa sih? Frontend adalah sebuah pemrograman tampilan depan dari sebuah website, yang secara langsung dilihat oleh mata user. Terus, apa aja yang termasuk ke dalam bagian frontend? Nah, biasanya frontend itu mencakup tipografi, tata letak, pewarnaan, bahkan sampe animasi juga termasuk ke dalam ranah frontend. Frontend inilah yang menerjemahkan UI/UX design menjadi sebuah tampilan website yang nyata.

Lalu, dalam segi pengembangannya, kudu bisa ngoding apa aja nih? Setidaknya, kita perlu nguasain 3 bahasa kodingan, yaitu 2 bahasa mark up HTML dan CSS, serta 1 bahasa pemrograman Javascript. Nah, buat newbie yang pengen jadi seorang Frontend Developer, wajib hukumnya buat pelajarin 3 bahasa kodingan tersebut.


Nah, jadi HTML dan CSS itu bukan bahasa pemrograman ya guys!


Lanjut kita bahas seputar backend. Nah, backend ini punya hubungan yang erat banget sama frontend. Kadang-kadang, pengembangan suatu website itu ga cukup kalo cuma ngandelin sisi frontend aja. Di satu sisi, kita perlu pengelolaan konten dan database yang baik serta dinamis, dan memastikan kalo semua yang ada pada website tidak hanya sekedar tampilan, tapi bisa bener-bener bekerja sesuai dengan fungsinya. Di sinilah backend bertindak. Kalo frontend berkutat dari sisi tampilan/klien, nah backend ini banyak maen di sisi server. Bisa juga dibilang backend ini adalah di balik layar dari lancarnya kinerja sebuah website.

Nah, dari segi kodingan, apa aja nih yang dibutuhin? Secara umum, ada 4 bahasa pemrograman yang lumayan populer, mulai dari Ruby, PHP, Java, dan Python. Dari 4 bahasa pemrograman ini juga ada banyak framework, yang gua sendiri jujur nggak hafal! Wkwkwkw. Tapi, memang harus diakui kalo roadmap buat menjadi seorang Backend Developer emang lebih njelimet dibanding Frontend Developer.

Seiring berkembangnya jaman, penggunaan istilah frontend dan backend ga terbatas pada pengembangan website aja gais. Istilah tersebut juga mulai dikaitkan ke pengembangan web app, maupun native app seperti aplikasi Android dan iOS.



Oke, jadi udah jelas belum nih gambaran seputar frontend dan backend? Kalo belum jelas, boleh ditanyain lagi di kolom komentar, gua akan bantu jawab semampu gua. Dan gua mohon maaf kalo penjelasan gua masih jauh dari sempurna. So, kalo kalian ngerasa artikel seperti ini bermanfaat, monggo di-share!


Wassalamualaikum.

Sumber brainstorming gua kali ini: Kumparan , Medium , Glints , Inixindo Jogja , Centerklik

Komentar

Postingan populer dari blog ini

It's All About Validation!

Bismillah, Assalamualaikum semuanyaa! Balik lagi bersama gua yang sudah sejak lama nggak nulis nih di blog sederhana ini. Karena akhir-akhir ini lebih banyak bikin microblog di Linkedin, hehe. Di kesempatan ini, izinkan gua untuk membawakan bahasan yang sedikit berat, hehe. Tulisan kali ini edisi refleksi diri sebagai seorang manusia. Seorang manusia yang tentu jauh dari kata sempurna. Makhluk yang paling seneng kalo dikasih rasa bangga, padahal apa yang diperbuat belum seberapa. Yup, kita sebagai seorang manusia tentu nggak hidup di dunia cuma buat sekadar bernyawa, lalu kemudian mati. Manusia hidup dengan melalui berbagai tahapan dan pencapaian. Di setiap tahapan, kita pasti bakal dihadapkan pada berbagai pilihan. Namun, ga semua manusia dianugerahi kemampuan buat nentuin pilihannya sendiri. Kadang, udah berhasil jalanin pilihan hidupnya sendiri aja masih suka ga yakin, terus minta pendapat sana-sini. "Kira-kira udah pas belum yaa?", "Orang lain pada seneng ga yaa?&qu

Sarjana Pertanian jadi Anak IT, Gelarnya Ga Kepake?

Bismillah, Assalamualaikum semuanyaa! Oke, kali ini gua pengen bikin tulisan yang sedikit ga formal yaa. Disclaimer  dulu, kalo tulisan ini dibuat bukan untuk sombong. Lagian, apa sih yang mau disombongin dari gua? Wkwkwk. Lebih tepatnya, tulisan ini buat meyakinkan kita semua, khususnya buat diri sendiri, terhadap dilema berkarir tapi ga sesuai jurusan. Atau, bingung di persimpangan antara menjadi spesialis, atau generalis. Well , semoga tulisan pengantar tidur ini bisa jadi sedikit motivasi buat temen-temen yang mengakhiri hari Senin ini dengan rasa capek. Long short story , setelah gua wisuda di Februari 2020, pandemi menyapa. Siapa si yang ga kena dampak coba? PHK di mana-mana, nyari kerja susah, yang kuliah jadi terhambat, macem-macem deh pokoknya. Termasuk gua, di mana setelah wisuda, gua pun sempet bingung, mau ngapain abis ini? Tiba-tiba aja, gua dapet inspirasi buat belajar UI design gara-gara ngeliat foto-foto mock up  di IG. Lalu, ketemu lah gua sama website Build With Angg

Jadi Software QA Analyst Starter Pack Cheeeeeck!

Assalamualaikum warohmatulloohi wabarokaatuh. Selamat menjalani hari sesuai zona waktu di manapun manteman berada! Udah lama banget cuy gua ga nulis di sini. Terakhir tuh bulan maret kalo ga salah. Kali ini, gua pengen coba berbagi starter pack buat manteman yang kepengen jadi QA Analyst . Gausah panjang kali lebar kali tinggi, nanti jadi volume. Jiaaahahaha! Langsung aja disimak. 1. Be a fast learner! Pengen jadi QA, tapi bukan anak IT.. Gausah takut, selagi manteman punya jiwa seorang fast learner, ga akan susah kok ke depannya. Ini ga cuma berlaku buat kerjaan sebagai QA Analyst loh yaa. Apapun itu, walapun posisinya sama, tiap kantor pasti punya cara kerja yang beda-beda. Kali ini, gua pengen kupas dari sudut pandang sebagai seorang QA Analyst. Pertama, yang kudu kita pelajarin itu adalah urutan dari Software Development Life Cycle (SDLC)  yang diterapin di kantor. Atau, kalo temen-temen baru mau terjun, pelajarin aja dulu pakem secara umumnya. In general, SDLC itu urut