Langsung ke konten utama

Ngeremehin Skill Komunikasi...


Assalamualaikum, selamat menikmati hari sesuai zona waktu di manapun Anda berada!

Belakangan ini, gua sering berkata "iya juga yaa" di dalam benak gua. Ketika suatu hal mulai terbukti kebenarannya, di situlah keangkuhan gua terbongkar. Semua ini akibat dari anggapan gua terhadap sesuatu yang selama ini gua anggep cuma formalitas belaka. Apa ituuu?


Bersama saya Muhammad Reza Ananda, inilah dia investigasi selengkapnya! Wkwkwkw


Okeh, kita sedikit flashback skuy! Kembali ke masa-masa pencarian, atau mungkin buat temen-temen yang sekarang masih dalam masa pencarian kerja, pasti sering lah yaa nemu loker yang syaratnya "kemampuan komunikasi", "good communication skill", "jago ngomong", ato yaa sejenisnya lah. Kebanyakan dari kita bakal mikir kalo itu cuma sekedar "lazy writing" aja. Cuma pelengkap persyaratan kerja. Atau, kadang ada juga yang mikir kalo skill kayak gitu nantinya bakal kebentuk sendiri seiring berjalannya waktu selama kerja.


"Ah, komunikasi bagus mah cuma buat profesi frontliner doang!"

"Gua kan kerjanya di belakang layar, ngapain harus jago ngomong?"


Emang bener begitu? Hmm mari kita kupas tuntas segala kekhilafan ini!


Komunikasi itu apa siih?


Jadi gini, kalo menurut KBBI, komunikasi adalah pengiriman dan penerimaan pesan atau berita antara dua orang atau lebih sehingga pesan yang dimaksud dapat dipahami; hubungan;. Okeh, kita keep dulu definisinya. Nah, sekarang kita coba bikin sekilas roadmap kita dari mulai nyari kerja sampe udah mulai kerja.

Setelah kita udah capek-capek nyari kerja, lama-lama kita bakal dapet panggilan buat interview, dong. Proses interview ini biasanya diadain bareng HR ato langsung sama user. Di dalam sebuah interview pasti bakal ada aktivitas komunikasi. Gunanya diadakan interview ini supaya pihak perusahaan bisa lebih memahami kandidat secara mendalam, dan kandidat juga jadi tau lebih banyak seputar profil perusahaan. Dan satu-satunya cara buat menyampaikan insight tersebut ya dengan berkomunikasi, ngobrol lah ceunah. Sampe sini, nemu kata kunci ga?

Yup, dipahami! Kunci dari sebuah komunikasi memang agar kedua belah pihak bisa saling memahami. Asek! Wkwkwkwk. Okee kita lanjuuuts!

Kalo dari HR dan user udah cocok, ending-nya kita bakal di hire dong. Nah, apakah setelah kita resmi di-hire trus langsung kerja gitu aja? Kan enggak. Lagian kita juga belom tau jobdesc kita secara detil, belom tau siapa rekan setim kita. Karena percayalah, segala informasi yang kita dapet selama interview itu cuma sekedar summary aja. Real-nya, ya saat kita mulai kerja.

Sebelum kerja, pastinya bakal ada onboarding dulu, bakal dijelasin panjang lebar segala macem terkait kerjaan. Terus, gimana caranya rekan setim kita tau, kalo ada kita yang baru masuk kantor? Ya kenalan laah. Kita jelasin siapa kita, asalnya dari mana, apa posisi kita, trus sama tim mana kita kerja. Kalo udah gini, baru deh kita bisa mulai kerja. Semua kegiatan yang barusan kita bahas juga membutuhkan kemampuan komunikasi. Karena komunikasi di sini adalah langkah awal kita buat ngejalin hubungan baik secara profesional maupun secara personal.

Kenapa? Nemu kata kunci lagi yaaa? Wkwkwkwkwk. Lanjut yuk!

Ceritanya udah mulai kerja niih. Biasanya, setelah selesai perkenalan, bos besar ngasih pesen ke kita, "kalo nanti ada yang kurang jelas tanya aja yaa". Nah, bayangin kalo pas kita lagi kerja tiba-tiba ada sesuatu yang kita ga ngerti? Mau gamau harus nanya dong? Mereka yang punya skill komunikasi mumpuni tentu ga akan mikir panjang buat langsung nanya secara detil ke rekan setim sesuai dengan batas wajar. Yaa bukan berarti dikit-dikit nanya yaak! Selagi masih bisa kita pelajarin sendiri mah, itu lebih baik.

Cuman, namanya manusia, biasanya suka ada yang gengsi buat nanya duluan. Sebenernya, gengsi ini timbul karena kita kurang pede buat mulai komunikasi. Kenapa bisa ga pede? Ya karena ga kita biasain sejak dini.

Bentar, jadi siapa itu Dini? Oke skip, ga penting wkwkwkw.

Okeh, sekarang beralih ke cerita gua. Udah jalan sebulan ini gua kerja. Dan gua sudah mengalami beberapa kejadian yang semakin membuktikan kalo gua selama ini ngeremehin komunikasi. Kerjaan gua sebagai Junior QA Analyst menuntut gua untuk mencari bug dengan barbar. Kalo udah nemu bug, ya harus dilaporin dong. Masa iya dipendem gitu ae. Tapi, ada beberapa situasi di mana bug itu "sulit" buat dijelasin..


"Mas, tadi aku nemu error gini. Cuma aku bingung gimana jelasinnya yak."

"Oke, kita zoom aja yuk."


Yaduuh, makin bingung gua kalo harus jelasin dengan cara ngomong langsung. Nulis di chat aja bingung apalagi diobrolin wkwkwkwk. Dan rasa gerogi ini makin menjadi ketika gua tau, kalo ternyata kerjaan gua bukan cuma sebates di belakang layar ngecek produk yang belum rilis. Ternyata, hasil investigasi gua juga wajib disampein ke client. Sampe tiba saatnya gua harus presentasi di depan client buat maparin hasil investigasi.


Gua be like: dah lah!

Belum lagi kalo gua harus ngehadepin orang dari departemen lain buat nyelesain duduk perkara yang ada sangkut pautnya sama kerjaan pribadi. Belum lagi kalo gua pengen ngajuin izin. Belum lagi kalo pengen re.. newal contract! Wkwkwkwkwk.

The verdict is, skill komunikasi itu penting ya gaees! Ga peduli kita kerja di depan orang banyak ato di belakang layar. Segala aspek kerjaan ga bakal jalan kalo kita ga bisa saling memahami dan punya hubungan yang harmonis. Udah mulai kerja tapi masih ngerasa skill komunikasi kita masih cupu? Kalo gitu, kita senasib! Wkwkwkw


Question of the day: apakah dengan kita OTP sama pacar berjam-jam menandakan kalo kita udah jago berkomunikasi?


Tapi tenang aja, ga ada kata telat buat improve kok. Karena semakin dalam kita belajar, maka akan semakin jauh pengalaman kita menjadikan dirinya sebagai guru yang paling berharga buat kita. Dengan gua nulis ini juga bukan berarti gua udah pro, kok. Justru gua lagi belajar berkomunikasi lewat media tulisan ini.


Dari gua yang masih suka gagap kalo ngomong sama orang lain. Wassalamualaikum!


Komentar

Postingan populer dari blog ini

It's All About Validation!

Bismillah, Assalamualaikum semuanyaa! Balik lagi bersama gua yang sudah sejak lama nggak nulis nih di blog sederhana ini. Karena akhir-akhir ini lebih banyak bikin microblog di Linkedin, hehe. Di kesempatan ini, izinkan gua untuk membawakan bahasan yang sedikit berat, hehe. Tulisan kali ini edisi refleksi diri sebagai seorang manusia. Seorang manusia yang tentu jauh dari kata sempurna. Makhluk yang paling seneng kalo dikasih rasa bangga, padahal apa yang diperbuat belum seberapa. Yup, kita sebagai seorang manusia tentu nggak hidup di dunia cuma buat sekadar bernyawa, lalu kemudian mati. Manusia hidup dengan melalui berbagai tahapan dan pencapaian. Di setiap tahapan, kita pasti bakal dihadapkan pada berbagai pilihan. Namun, ga semua manusia dianugerahi kemampuan buat nentuin pilihannya sendiri. Kadang, udah berhasil jalanin pilihan hidupnya sendiri aja masih suka ga yakin, terus minta pendapat sana-sini. "Kira-kira udah pas belum yaa?", "Orang lain pada seneng ga yaa?&qu

Sarjana Pertanian jadi Anak IT, Gelarnya Ga Kepake?

Bismillah, Assalamualaikum semuanyaa! Oke, kali ini gua pengen bikin tulisan yang sedikit ga formal yaa. Disclaimer  dulu, kalo tulisan ini dibuat bukan untuk sombong. Lagian, apa sih yang mau disombongin dari gua? Wkwkwk. Lebih tepatnya, tulisan ini buat meyakinkan kita semua, khususnya buat diri sendiri, terhadap dilema berkarir tapi ga sesuai jurusan. Atau, bingung di persimpangan antara menjadi spesialis, atau generalis. Well , semoga tulisan pengantar tidur ini bisa jadi sedikit motivasi buat temen-temen yang mengakhiri hari Senin ini dengan rasa capek. Long short story , setelah gua wisuda di Februari 2020, pandemi menyapa. Siapa si yang ga kena dampak coba? PHK di mana-mana, nyari kerja susah, yang kuliah jadi terhambat, macem-macem deh pokoknya. Termasuk gua, di mana setelah wisuda, gua pun sempet bingung, mau ngapain abis ini? Tiba-tiba aja, gua dapet inspirasi buat belajar UI design gara-gara ngeliat foto-foto mock up  di IG. Lalu, ketemu lah gua sama website Build With Angg

Jadi Software QA Analyst Starter Pack Cheeeeeck!

Assalamualaikum warohmatulloohi wabarokaatuh. Selamat menjalani hari sesuai zona waktu di manapun manteman berada! Udah lama banget cuy gua ga nulis di sini. Terakhir tuh bulan maret kalo ga salah. Kali ini, gua pengen coba berbagi starter pack buat manteman yang kepengen jadi QA Analyst . Gausah panjang kali lebar kali tinggi, nanti jadi volume. Jiaaahahaha! Langsung aja disimak. 1. Be a fast learner! Pengen jadi QA, tapi bukan anak IT.. Gausah takut, selagi manteman punya jiwa seorang fast learner, ga akan susah kok ke depannya. Ini ga cuma berlaku buat kerjaan sebagai QA Analyst loh yaa. Apapun itu, walapun posisinya sama, tiap kantor pasti punya cara kerja yang beda-beda. Kali ini, gua pengen kupas dari sudut pandang sebagai seorang QA Analyst. Pertama, yang kudu kita pelajarin itu adalah urutan dari Software Development Life Cycle (SDLC)  yang diterapin di kantor. Atau, kalo temen-temen baru mau terjun, pelajarin aja dulu pakem secara umumnya. In general, SDLC itu urut